Selasa, 18 Mei 2010

Trik Dan Tips Mengatasi Putus Asa dalam Kehidupan

Hidup memang selalu di hadapkan dengan suatu permasalahan. Tetapi bagaimana pun juga kita harus tetap menghadapinya sebab SHOW MUST GO ON….!!! Ketika masalah yang menimpa kita terlalu berat untuk dihadapi dan kita sudah merasa tidak sanggup lagi untuk menghadapinya, keputus asaan selalu datang , tetapi jangan khawatir.
Berikut ini adalah bagaimana Anda dapat mengatasi rasa putus asa:
Berdoa
Tuhan sudah tahu bagaimana Anda merasa putus asa, tetapi Dia ingin Anda berbicara kepada-Nya tentang perasaan Anda dan dengarkan bagaimana Roh-Nya menuntun Anda. Jujurlah dalam melampiaskan frustrasi Anda kepada Tuhan dan ingat bahwa Dia peduli tentang apa yang sedang Anda alami. Mintalah Tuhan untuk membuka mata rohani Anda sehingga Anda akan dapat melihat situasi Anda dari perspektif-Nya. Berdoa untuk pelepasan dari situasi yang bukan kehendak Allah, dan ketekunan untuk memberdayakan Anda untuk menanggung keadaan tersebut sampai Anda mempelajari semuanya.
Ingat Siapa Tuhan
Pindahkan fokus Anda kepada Allah sendiri, dari keadaan yang mengecilkan hati Anda . Ingat bahwa Dia adalah kasih, dan juga bahwa Dia adalah sumber kekuatan. Percaya bahwa Allah akan membantu Anda.
Persiapkan diri Anda untuk situasi yang mengecilkan hati, karena Anda pasti menemuinya dalam kehidupan Anda
Setiap hari, Setan akan mencoba untuk mencegah Anda dalam beberapa cara, tetapi Anda dapat berjaga-jaga terhadap serangan tersebut dengan menjaga disiplin dasar rohani setiap hari. Berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan.
Tetaplah pada tugas Anda
Berpikir dan berdoa mengenai pekerjaan yang sedang Anda lakukan untuk Allah. Mintalah Dia untuk menjelaskan apakah Dia telah benar-benar menuntun Anda untuk tugas Anda saat ini atau tidak. Merefleksikan keberhasilan dan kegagalan yang Anda alami sejauh ini dan lihat apakah Anda dapat mengenali suatu pola yang dapat membantu Anda membedakan jika Anda melakukan apa yang seharusnya Anda lakukan. Jika tampak seolah-olah Anda sedang melakukan apa yang Tuhan ingin Anda lakukan, tapi Anda hanya perlu untuk mengatasi beberapa tantangan saat melakukannya, jangan menyerah. Sebaliknya, melawan keputusasaan dengan menuliskan sebuah visi baru untuk bagaimana melanjutkan pekerjaan Anda di masa depan.
Dapatkan bimbingan dari seorang Konselor
Jika kekecewaan Anda telah menjadi begitu mendalam bahwa Anda berjuang untuk mengatasi itu, berbagilah keprihatinan Anda dengan seorang konselor Kristen yang dapat memberikan nasihat Alkitab tentang bagaimana untuk maju.
Isilah tangki energi spiritual Anda
Mengidentifikasi apa yang menyebabkan tingkat energi spiritual Anda berjalan rendah, catat masalahnya,bentuk kelompok dengan beberapa orang yang Anda percayai yang dapat bergabung dengan Anda dalam doa tentang masalah itu, kembangkan strategi yang jelas untuk memecahkan masalah (seperti penjadwalan waktu yang ditetapkan dan tempat ibadah , atau bergabung dengan kelompok ), mengambil tindakan, dan buat diri Anda bertanggung jawab kepada orang-orang yang mendukung Anda dalam doa.
Jagalah kesehatan fisik Anda
Berikan perawatan tubuh Anda yang dibutuhkan akan membantu Anda merasa kurang berkecil hati. Makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan cukup tidur.
Menghabiskan waktu dengan seseorang yang tidak putus asa
Isilah waktu Anda bersama dengan kehadiran orang yang positif, secara alami akan membuat Anda merasa diri sendiri lebih naik.
Berikan kepada orang-orang yang membutuhkan
Mengulurkan tangan untuk membantu orang lain ternyata akan memberi harapan untuk Anda, hal itu akan memberi Anda sukacita bahwa Tuhan menggunakan Anda untuk sesuatu yang berarti.bagi orang lain.
Sederhanakan hidup Anda
Dasari jadwal Anda pada prioritas Anda. Jangan membuang waktu dan energi pada kegiatan yang tidak mencerminkan apa yang paling penting bagi Anda. Bebaskan diri Anda dari tugas-tugas yang tidak memberi harapan bagi Anda.
Berbagi iman dengan orang lain
Setiap kali Allah memberi Anda kesempatan untuk berbagi iman dengan orang yang mencari Tuhan, lakukanlah,. Anda akan mengingatkan diri Anda tentang bagaimana Tuhan telah bekerja dalam hidup Anda dan mengalami kebahagiaan membantu orang lain untuk menemukan-Nya.
Gunakan talenta-talenta yang Tuhan berikan kepada Anda
Membiarkan talenta-talenta Anda tertidur, hanya akan meningkatkan rasa keputusasaan. Mintalah Tuhan untuk memimpin Anda untuk situasi tertentu di mana Anda dapat menempatkan talenta-talenta itu untuk digunakan sepenuhnya – bagi kemuliaan Allah, dan untuk membantu membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.
Lawan upaya-upaya Setan yang berusaha mengecilkan hati Anda
Ingatlah janji Alkitab bahwa jika Anda menolak setan, ia akan lari dari Anda. Setiap hari, berdoa untuk kekuatan rohani yang Anda butuhkan untuk melawan serangan jahat yang akan Anda jumpai dalam dunia yang telah jatuh ini. Ketika setan menggoda Anda untuk meragukan Allah, pilih untuk percaya kepadaNya. Ketika Setan mencoba untuk menipu Anda dan Anda merasa bingung, berdoa untuk melihat kebenaran. Ketika Iblis mempromosikan perpecahan antara Anda dan orang Kristen lain, buatlah setiap usaha untuk mempertahankan kesatuan dari Roh Kudus melalui ikatan damai. Perlu diingat bahwa kuasa Allah yang bekerja dalam diri Anda lebih besar daripada rencana jahat Setan dan, dalam Kristus, Anda memiliki otoritas spiritual untuk mengalahkan Setan bekerja dan muncul sebagai pemenang.
Pilih iman dari pada rasa takut
Mengakui bahwa Allah selalu bersama Anda – bahkan di tengah keadaan yang sangat putus asa. Setiap kali Anda merasa takut, pilihlah untuk percaya kepada Tuhan. Tuhan akan selalu memberikan dorongan yang Anda perlukan untuk berurusan dengan rasa takut selama diperlukan.
Jangan pernah menyerah
Tetap berpegang pada janji Allah bahwa Dia mempunyai rencana penting bagi hidup Anda. Terus berdoa untuk dorongan Anda butuhkan untuk memenuhi semua tujuan-Nya bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar